19 September 2011

intermezo aja ^_^

hari ini aku pergi ke toko buku sama Sarah :D... (awalannya kaya karangan anak SD aja,,hehehhe)





pokoknya hari ini tuh saatnya memanjakan mata sebelum besok ujian PIO (Pelayanan Informasi Obat), semangat!!!!  pas masuk toko bukunya tuh ceeessss........ sejuk banget kena AC,,hahahha katro deh.... ditambah lagi lihat buku yang disusun rapih disana sini, aaaahhhhh....pengen teriak girang, berasa lagi di surgaaa,, halah lebay nya kumat deeee ah, emang ude pernah ke surga lu???
saking banyaknya buku yang dipajang jadi bingung mesti mulai pilih buku dari mana. tapi tetep, tujuan utama harus didahulukan sebelum nafsu belanja buku yang lain meluber kemana-mana tiada terbendung, hufh...emang ini salah satu cobaan terberat buat aku saat berhadapan dengan buku-buku, sungguh godaannya dahsyat sekali. mungkin seperti ini juga perasaan Julius Caesar waktu digoda sama Cleopatra ya, wkwkwkwkw.....
aduuuuhhhhh bener-bener gatel pengen nyomot bukunya satu-satu.

kembali ke lap..top... tujuan utama kita adalah mencari (membeli juga pastinya) buku pembangun jiwa wirausaha, alamaaakkk..... bukan gue banget deh bukunya, apalagi buat Sarah (hehehehe....maap teh :*), tapi karena ini tuntutan jaman biar gak dibilang katro' jadi willy nilly mau gak mau kerso mboten kerso kita harus beli buku tipe ini. berhubung bukunya bejibun tumpuk-tumpuk, jadi kita pilih satu-satu tuh bukunya sampai jereng nih mata. akhirnya setelah pencarian yang cukup panjang kali lebar kali tinggi (itu rumus volume balok bukan???) kita nemu 1 buku yang ciamik, kita banget deh pokoknya karena bukunya tuh tipis, tulisannya gedhe-gedhe (karena kita berdua matanya minus), dan yang pasti harganya pas di kantong, (ya iyalah, mana mau aku baca buku bisnis tebel-tebel mahal pula, hehehehhe).

mau tau gak judul bukunya apa??? nih aku kasih tau yaaa...judul bukunya tuh "mau jadi pengusaha? gitu aja kok repot!", eh... sedikit mengingatkan kita sama Alm. Gus Dur ya, kalimat "gitu aja kok repot" yang sempat jadi trending topic dimana-mana saat "negara" (Indonesia, red) banyak mendapat kritik maupun kecaman dari berbagai pihak terutama pihak oposisi (cieee....yang ketularan babe suka nonton "APA KABAR INDONESIA" (pagi, siang, sore, malem) di TVOne, hahahahahah), dan efeknya sekarang kalimat itu jadi bahasa gaul kita sehari-hari.

not only that reason (buku tipis, tulisan gedhe, harga murah) we choose it, but also the summary of this book lah yang akhirnya membuat kita memilih buku ini (mbaknya mbaknya, pake bahasa itu mbok ya yang konsisten, sok-sokan pake bahasa Inggris sih, padahal acakadut gitu kan????). ya karena si sumari itu, eh maksudnya summary (ringkasan, red. kalo sumari mah tetangga aku, hehehehe) yang biasanya ada di belakang buku itu lhoh, kata-katanya bagus banget.
"Untuk menjadi pengusaha, Anda tidak perlu melakukan langkah-langkah rumit seperti membuat business plan dan menghitung BEP. Yang Anda perlukan adalah NIAT untuk melakukan beberapa langkah mudah yang dibahas di buku ini, plus kesabaran untuk mengembangkan tahap demi tahap. Langkah-langkah ini sepenuhnya praktis (bukan teori), dan berasal dari pengalaman langsung penulis mendirikan bisnis desain, advertising, dan offset yang kini beromzet milyaran rupiah."

mau tau gak nama pengarang buku ini tuh siapa? nama Beliau adalah Ridlo Adi Nugroho (kaya nama siapaaa gitu, hehehehe). sebenernya langkah-langkah smart apa sih yang bisa membuat Pak Ridlo ini sukses sampai kaya gitu? cekidot nih.... baikkan aku mau berbagi sama kamu, tapi udah baik begini kenapa masih belum ada yang ngelamar ngajak nikah yaaaa, ckckckck (eh eh eh....curcol lagi).
jadi kiat sukses Pak Ridlo adalah :
1. memulai bisnis dengan modal permintaan, bukan modal uang
2. pandai mengubah permintaan menjadi penjualan
3. membuat identitas usaha/bisnis sendiri
4. merekrut orang lain
5. memperbaiki catatan keuangan dan administrasi usaha/bisnis
6. memisahkan uang perusahaan dengan uang pribadi
7. mengivestasikan kembali laba yang telah diperoleh
8. bekerja sama dengan investor
9. bekerja sama dengan pemasok kepercayaan
10. membuat badan hukum jika diperlukan
11. memiliki sikap mental yang kuat

ternyata tidak begitu sulit kan untuk jadi sukses itu?? untuk memulai bisnis tuh gak harus dengan modal gedhe, dimulai dari hal-hal yang simple aja dulu, goal yang kita targetin juga gak usah muluk-muluk deh, yang penting adalah produk kita bisa diterima di pasar, entah itu untuk produk barang ataupun jasa. untuk laba rugi yang mungkin kita dapatkan seiring berjalannya usaha gak usah dipikir terlalu dalem, tinggal pinter-pinternya kita berinovasi untuk memperbaiki kesalahan yang menyebabkan kita rugi. kalo kata Pak Tanto nih ya "kalian jangan takut miskin, kan kalian belum pernah kaya, karena itu jadilah orang kaya", woowww...... what a great sentence ya. yang penting adalah NIAT dan KESABARAN......
so,,,, are you ready to be the next success and rich people guys???? :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar